What-is-cell's Blog

1 April 2010

Apakah itu sel?

Filed under: Topik utama — whatiscell @ 2:20 pm

contoh sel

Sel-sel dalam tubuh bisa diibaratkan dengan daun sebatang pohon. Ada saatnya daun menjadi kering dan mati, lalu digantikan dengan daun yang baru. Begitu pula dengan sel-sel dalam tubuh. Dalam dunia kedokteran, proses itu disebut Apoptosis.

Dari sisi bahasa, apoptosis berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni apo yang berarti dari, dan ptosis yang berarti jatuh atau gugur.

Dari sisi medis, apoptosis diartikan sebagai mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian yang terencana.

Apoptosis ini digunakan oleh organisme multisel untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh.

Do you know?

di dalam tubuh kita, jutaan bahkan miliaran sel mati setiap harinya.

Istilah apoptosis, kata Prof. Dr. Troeboes Poerwadi, Sp.S. (K), spesialis saraf dari rumah sakit Dr. Sutomo, Surabaya, pertama kali dikemukakan oleh Kerr Wyllie dan Currie pada 1972.

“Apoptosis merupakan fungsi vital pada kehidupan,” kata Troeboes. Contoh nyata dari keuntungan apoptosis tampak dalam tumbuh kembang embrio. Disini, apoptosis akan “memahat” bentuk janin menjadi sempurna.

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular), misalnya bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan protozoa) atau dari banyak sel (multiselular). Pada organisme multiselular terjadi pembagian tugas terhadap sel-sel penyusunnya, yang menjadi dasar bagi hirarki hidup.

Struktur sel dan fungsi-fungsinya secara menakjubkan hampir serupa untuk semua organisme, namun jalur evolusi yang ditempuh oleh masing-masing golongan besar organisme (regnum) juga memiliki kekhususan sendiri-sendiri. Sel-sel prokariota beradaptasi dengan kehidupan uniselular sedangkan sel-sel eukariota beradaptasi untuk hidup saling bekerja sama dalam organisasi yang sangat rapi.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: